Rahasia Terbaru! 10 Tips Ampuh Melindungi Data Anda dari Serangan Cyber!

GadgetOz.com – Nawakara: Solusi Efektif Melindungi Data dari Serangan Siber

JAKARTA, SELULAR.ID – Kasus peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat Indonesia terkait serangan siber. Namun, jangan khawatir, karena Nawakara, perusahaan jasa keamanan, telah menyediakan sejumlah tips untuk melindungi data pribadi maupun perusahaan dari ancaman peretasan dan serangan siber.

Pentingnya Keamanan Data

Eman Mulyaman, Kepala Divisi Teknologi Informasi Nawakara, menjelaskan betapa pentingnya menjaga informasi data baik dari sisi internal maupun eksternal. Untuk menghadapi ancaman siber yang terus berkembang, Nawakara telah menerapkan langkah-langkah efektif untuk melindungi data dari potensi serangan siber.

1. Menggunakan Enkripsi Data yang Kuat

Salah satu cara paling efektif untuk melindungi data adalah dengan mengenkripsi informasi. Dengan mengubah data menjadi kode yang hanya bisa dibaca dengan kunci dekripsi yang tepat, enkripsi data dapat memastikan keamanan informasi sensitif dari akses yang tidak sah.

2. Penerapan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor merupakan langkah tambahan yang dapat meningkatkan keamanan akses ke sistem dan aplikasi. Dengan memerlukan dua bentuk verifikasi identitas, seperti kata sandi dan kode OTP, diharapkan dapat mencegah akses yang tidak sah.

3. Pembaruan Perangkat Lunak Secara Berkala

Pembaruan perangkat lunak secara rutin sangat penting untuk mengurangi risiko serangan siber. Dengan menerapkan patch keamanan yang terbaru, kerentanan pada perangkat lunak yang usang dapat diminimalkan.

4. Edukasi Karyawan tentang Phishing dan Scam

Karyawan sering menjadi titik lemah dalam keamanan siber. Oleh karena itu, perusahaan perlu menginvestasikan waktu dan sumber daya dalam pelatihan untuk mengenali risiko dan tanda-tanda phishing serta scam. Edukasi berkelanjutan akan membantu menciptakan pertahanan yang kuat terhadap serangan siber.

5. Backup Data Secara Berkala

Langkah terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah melakukan backup data secara berkala. Dengan melakukan backup, data dapat dipulihkan jika terjadi kehilangan, serta memberikan keamanan dan kemudahan dalam mengakses data.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Nawakara menegaskan komitmennya dalam melindungi data informasi dari ancaman siber. Dengan integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data yang terjaga, Nawakara siap menghadapi berbagai tantangan dalam dunia digital.

Temukan Artikel Viral kami di Google News