Google Raih 100 Juta Pelanggan YouTube Premium: Taktik Sukses Tanpa Iklan

GadgetOZ.com – Google baru saja mengumumkan pencapaian luar biasa: 100 juta orang telah menjadi pelanggan berbayar YouTube Premium.

Ini bukanlah hal yang kecil. Ternyata, strategi Google dalam memblokir aplikasi pemblokir iklan atau ad blocker telah terbukti berhasil membuat netizen bersedia membayar untuk berlangganan YouTube Premium yang bebas iklan.

  • Sukses Google: 100 Juta Pelanggan YouTube Premium

Menurut catatan The Verge, YouTube Premium membutuhkan waktu 9 tahun untuk mencapai angka pengguna sebesar 100 juta.

Ini menandakan bahwa pendekatan Google dalam menangani aplikasi pemblokir iklan pihak ketiga telah membawa dampak positif.

Selain menawarkan pengalaman tanpa iklan yang mengganggu, YouTube Premium juga menyediakan fitur tambahan seperti streaming musik berkualitas tinggi.

  • YouTube Melarang Penggunaan Ad Blocker

Sejak tahun lalu, YouTube telah menetapkan larangan keras terhadap penggunaan ad blocker. Pengguna yang masih menggunakan ad blocker dapat menghadapi akses terbatas atau bahkan pembatasan akses untuk menonton video dalam platformnya.

Beberapa pengguna sempat mengeluh karena notifikasi berulang kali dari YouTube untuk berlangganan Premium agar terbebas dari iklan yang mengganggu.

  • Tindakan YouTube Terhadap Pengguna Ad Blocker

Tidak hanya memberikan notifikasi kepada pengguna yang menggunakan ad blocker, YouTube juga memperingatkan bahwa blokir akan dicabut jika pengguna menonaktifkan ad blocker.

Langkah ini diambil sebagai tindakan penegakan aturan karena pemblokiran iklan dianggap melanggar aturan dalam ekosistem kreator konten di platform YouTube.

  • Pernyataan dari Manajer Komunikasi YouTube

Christopher Lawton, manajer komunikasi YouTube, menjelaskan bahwa iklan merupakan dukungan penting bagi ekosistem pembuat konten di platform.

Iklan memungkinkan para kreator konten untuk mendapatkan penghasilan yang pantas dari karya-karya mereka yang disimak oleh audiens.

“Iklan mendukung beragam ekosistem pembuat konten secara global dan memungkinkan miliaran orang mengakses konten favorit mereka di YouTube,” ujar Lawton.

  • Pencapaian Google One: 100 Juta Pelanggan

Selain kesuksesan YouTube Premium, Google juga merayakan pencapaian 100 juta pelanggan untuk layanan Google One.

Layanan ini menyediakan penyimpanan tambahan untuk layanan-layanan seperti Gmail, Drive, hingga Google Photos.

  • Momentum dengan AI Premium Plan Terbaru

Sundar Pichai, CEO Google, mengumumkan bahwa Google One akan terus berinovasi dengan peluncuran AI Premium Plan terbaru.

Plan ini akan menyediakan fitur-fitur AI canggih seperti Gemini Advanced, dengan tambahan integrasi Gemini di layanan-layanan seperti Gmail, Docs, dan lainnya dalam waktu dekat.

  • Akses Lebih Baik dengan Fitur AI Generatif

Paketan terbaru AI akan memberikan akses yang lebih baik ke layanan Gemini dan segera menambahkan fitur AI generatif dalam layanan-layanan seperti Gmail dan Docs.

Hal ini menunjukkan komitmen Google dalam menghadirkan pengalaman yang lebih baik dan terus berinovasi dalam menyediakan layanan-layanan yang relevan dan bermanfaat bagi pengguna.

Temukan Artikel Viral kami di Google News