Wah, XL Axiata (EXCL) Kehabisan Akal karena Starlink Masuk RI! Ini Kondisinya Setelah Hampir Dua Bulan

GadgetOz.com – XL Axiata Pantau Kehadiran Starlink di Indonesia, Bisnis Layanan Internet Berbasis Satelit Elon Musk

XL Axiata, salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, tengah memperhatikan dengan seksama kehadiran layanan internet berbasis satelit Starlink milik Elon Musk. Starlink telah beroperasi selama hampir dua bulan di Indonesia, dan banyak yang bertanya-tanya apakah hal ini akan mempengaruhi ARPU (average revenue per user) XL Axiata.

Menurut Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, pihaknya saat ini sedang melakukan rekapitulasi dan audit untuk kinerja perusahaan pada kuartal II/2024. Mereka sedang mencermati apakah kehadiran Starlink telah berdampak pada penjualan layanan XL Axiata atau tidak. Namun, hasil dari proses ini belum dapat diumumkan secara resmi.

Meskipun demikian, Yessie menegaskan bahwa XL Axiata tetap fokus pada strategi dan upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan hingga akhir tahun. Mereka berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis layanan konvergensi dan infrastruktur jaringan di seluruh Indonesia. Selain itu, XL Axiata juga berharap dapat berkolaborasi dengan Starlink untuk membawa manfaat bagi masyarakat dan industri telekomunikasi di Tanah Air.

Yessie juga menekankan pentingnya pengaturan oleh pemerintah terkait kehadiran Starlink di Indonesia. Mereka menginginkan agar Starlink bekerja sama dengan operator telekomunikasi untuk layanan B2C dan B2B, serta mengatur struktur tarif yang adil bagi semua pihak. Hal ini diharapkan dapat menjaga keberlangsungan usaha telekomunikasi nasional dan menciptakan persaingan yang sehat di industri ini.

Pada kuartal I/2024, XL Axiata mencatat peningkatan ARPU menjadi Rp44.000 per pelanggan. Meskipun jumlah pelanggan perusahaan sedikit turun, pendapatan mereka berhasil naik 12% secara tahunan menjadi Rp8,4 triliun. Layanan data menjadi kontributor terbesar pendapatan XL Axiata, dengan pertumbuhan 13% secara tahunan.

Dari sisi jumlah pengguna, XL Axiata melayani sekitar 57,6 juta pelanggan, dengan peningkatan ARPU prabayar dan penurunan ARPU pascabayar. Meskipun demikian, perusahaan tetap optimis untuk terus meningkatkan kinerja mereka dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Dengan terus memantau kehadiran Starlink dan berkomitmen untuk berkolaborasi dengan baik, XL Axiata siap menghadapi tantangan dan peluang yang ada di industri telekomunikasi Tanah Air. Semoga kerja sama antara XL Axiata dan Starlink dapat membawa manfaat yang nyata bagi masyarakat Indonesia.

Temukan Artikel Viral kami di Google News