Breaking News: Kemenkomnfo Memutuskan Penundaan Lelang 700 MHz Hingga Tahun 2024! Apakah Operator Telah Siap?

GadgetOz.com – Kemenkominfo Pertimbangkan Mundur Lelang Frekuensi 700 MHz dan 26 GHz

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah mempertimbangkan untuk melakukan lelang frekuensi 700 MHz dan 26 GHz pada akhir 2024, meskipun sebelumnya jadwalnya telah ditetapkan pada akhir Juni atau paling lambat awal Juli 2024. Keputusan ini dipengaruhi oleh masukan dari operator seluler yang meminta agar jadwal lelang frekuensi ditunda.

Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemenkominfo, Ismail, mengungkapkan bahwa operator seluler telah meminta agar pelaksanaan lelang frekuensi tidak dilakukan sekarang, melainkan dijadwalkan ulang pada akhir tahun. Namun, harga dasar lelang frekuensi juga masih belum diputuskan.

“Saat ini, operator mengusulkan agar lelang frekuensi tidak dilakukan sekarang dan dijadwalkan ulang pada akhir tahun. Pak Menteri (Budi Arie Setiadi) belum memutuskan hal ini,” jelas Ismail. Sebagai konsekuensinya, insentif untuk lelang frekuensi juga akan ditunda karena insentif tersebut terkait erat dengan proses lelang frekuensi itu sendiri.

Meskipun begitu, Ismail menegaskan bahwa mundurnya insentif frekuensi tidak ada kaitannya dengan insiden Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya yang diserang ransomware Brain Cipher. Sebelumnya, kendala dalam aksi lelang frekuensi disebabkan oleh koordinasi dengan berbagai institusi seperti Kementerian Keuangan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Berdasarkan catatan Bisnis, jadwal lelang frekuensi 700 MHz dan 26 GHz terus mundur dari yang telah direncanakan sebelumnya. Awalnya direncanakan digelar pada Mei—Juni 2024, namun terus mundur hingga akhir Juni—awal Juli 2024. Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, sempat memastikan bahwa lelang frekuensi akan digelar pada tahun ini, namun terpaksa ditunda hingga akhir tahun.

Dengan pertimbangan ini, Kemenkominfo terus melakukan evaluasi dan berkomunikasi dengan operator seluler untuk mencapai kesepakatan terbaik terkait jadwal lelang frekuensi 700 MHz dan 26 GHz. Keputusan akhir dari Kemenkominfo terkait jadwal lelang frekuensi ini diharapkan dapat memberikan kejelasan bagi semua pihak yang terlibat.

Temukan Artikel Viral kami di Google News