Ini Dia Rahasia Investasi Streaming Data yang Membuat Anda Untung 10 Kali Lipat!

GadgetOz.com – Investasi Streaming Data Bisa Untung 10 Kali Lipat

Para pemimpin teknologi informasi (TI) telah mengungkapkan bahwa investasi dalam streaming data dapat menghasilkan keuntungan hingga 10 kali lipat, dan hal ini menjadi prioritas strategis pada tahun ini. Data tersebut ditemukan dalam laporan Data Streaming Report 2024: Breaking Down the Barriers to Business Agility & Innovation, yang membahas cara organisasi memanfaatkan streaming data dalam bisnis mereka.

Menurut hasil penelitian, 93% pemimpin TI melaporkan keuntungan antara 2 hingga 10 kali lipat dari investasi dalam streaming data. Sebanyak 86% responden juga menyatakan bahwa streaming data menjadi prioritas strategis atau penting untuk investasi TI pada tahun 2024.

Area Vice President Asia dari Confluent, Rully Moulany, menjelaskan bahwa streaming data sangat vital untuk kesuksesan perusahaan, terutama di era ekonomi digital yang berkembang begitu cepat.

“Streaming data memungkinkan perusahaan di berbagai industri untuk memproses dan menganalisis data secara real-time, memberikan wawasan yang dapat memacu inovasi dan efisiensi operasional,” ujar Moulany pada Kamis (27/6/2024).

Sebagai contoh, Global Field CTO Confluent, Kai Waehner, memberikan contoh penggunaan data streaming dalam aplikasi ride-hailing. Konsumen mengharapkan data secara instan, seperti informasi lokasi taksi saat ini, perkiraan kedatangan, dan rute perjalanan.

“Dengan kata lain, data streaming digunakan untuk beban kerja transaksional operasional seperti pembayaran, deteksi penipuan, manajemen pesanan, dan juga untuk beban kerja analitik, yang melengkapi platform lain seperti platform analitik cloud, platform AI, dan AI generatif,” tambahnya.

Chief Product Officer di Confluent, Shaun Clowes, juga menekankan bahwa streaming data berperan sebagai sistem saraf pusat bagi bisnis, menghubungkan sistem dan aplikasi untuk memastikan data real-time dapat diakses dengan mudah demi pengambilan keputusan yang tepat dan peningkatan proses bisnis serta pengalaman pelanggan.

Dari survei tersebut juga terungkap bahwa 93% responden telah merasakan manfaat yang signifikan dari penggunaan streaming data dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang interaktif. Selain itu, 99% responden menyatakan bahwa streaming data telah meningkatkan atau diharapkan meningkatkan keamanan cyber, kemampuan observasi bisnis, operasi berbasis data, serta inovasi produk dan layanan saat menggunakan AI/ML.

Survei ini melibatkan 4.110 pemimpin TI yang memiliki pengalaman dalam streaming data di 12 negara, termasuk 200 pemimpin TI dari Indonesia. Laporan ini menunjukkan betapa pentingnya peran streaming data dalam membantu bisnis memaksimalkan potensi dari data yang mereka miliki.

Temukan Artikel Viral kami di Google News