Serangan Ransomware di Server PDN Membuat DPR Marah Besar! Apa yang Dilakukan Pemerintah?

GadgetOz.com –

Gangguan Ransomware pada Pusat Data Nasional Kominfo Mengganggu Pelayanan Imigrasi

Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo dilaporkan mengalami gangguan yang diduga berasal dari serangan Ransomware, sejak Kamis (20/6/2024) lalu. Gangguan ini berdampak pada pelayanan imigrasi di bandara, pelabuhan, dan unit layanan paspor.

Meutya Hafid Minta Kemenkominfo Tangani Gangguan pada PDN

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, menanggapi situasi ini dengan meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk segera menangani gangguan yang terjadi pada PDN. Meutya menyatakan keprihatinannya dan berharap agar Kemenkominfo dapat menyelesaikan masalah ini dengan cepat.

Meutya juga menekankan bahwa Kemenkominfo perlu menjelaskan alasan terjadinya gangguan pada sistem PDN. Meskipun demikian, ia mempersilakan Kemenkominfo untuk fokus menyelesaikan masalah tersebut.

Politisi Partai Golkar Enggan Mengkritik Kominfo Terlalu Keras

Meskipun politisi Partai Golkar ini enggan mengkritik Kominfo secara keras terkait masalah yang terjadi pada PDN, ia tetap menegaskan pentingnya penyelesaian masalah ini dengan cepat. Meutya menekankan bahwa reputasi Indonesia tidak boleh tercoreng di mata dunia, terutama karena keterkaitan sistem ini dengan wisatawan mancanegara.

Upaya Pemulihan Layanan PDN oleh Kemenkominfo

PDN merupakan fasilitas penting yang bertanggung jawab atas penyimpanan, pengelolaan, dan keamanan data dari berbagai instansi pemerintah. Saat ini, Kemenkominfo sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap. Namun, hingga saat ini (24/6/2024), server PDN masih belum pulih dari gangguan yang terjadi.

Dengan adanya gangguan Ransomware pada PDN Kominfo, pelayanan imigrasi di Indonesia terganggu. Meutya Hafid sebagai Ketua Komisi I DPR RI menyoroti pentingnya penanganan masalah ini oleh Kemenkominfo agar reputasi Indonesia tetap terjaga dan pelayanan kepada wisatawan mancanegara tidak terganggu. Semoga Kemenkominfo dapat menyelesaikan gangguan ini dengan segera.

Temukan Artikel Viral kami di Google News