Skandal! Layanan Imigrasi Bandara Soekarno Hatta Lumpuh karena PDN Down, Kominfo Minta Maaf

GadgetOz.com –

Kementerian Komunikasi dan Informasi Buka Suara Terkait Gangguan Layanan PDN 2

Pada Kamis (20/6/2024), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) angkat bicara terkait adanya gangguan pada layanan Pusat Data Nasional (PDN) 2. Plt Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Aris Kurniawan, mengungkapkan bahwa gangguan teknis pada layanan tersebut terjadi pada pukul 04.15 WIB.

Menurut Aris, dampak dari gangguan tersebut adalah kemungkinan terjadinya gangguan pada layanan dan aplikasi pengguna PDN 2. Hal ini tentu membuat pengguna tidak dapat mengakses layanan tersebut sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Upaya Pemulihan Gangguan Terus Dilakukan oleh Kementerian Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informasi sedang melakukan upaya percepatan dalam pemulihan gangguan yang terjadi pada layanan PDN 2. Aris juga menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang terjadi kepada pengguna layanan tersebut.

Bagi pengguna PDN 2 yang mengalami gangguan, mereka dapat segera membuat laporan insiden melalui portal pdn.layanan.go.id. Selain itu, pengguna juga dapat menghubungi WhatsApp Helpdesk Layanan PDN Kementerian Kominfo melalui nomor 081573000232 untuk bantuan lebih lanjut.

Gangguan PDN Berdampak pada Sistem Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta

Gangguan pada PDN juga berdampak pada sistem imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta yang dilaporkan mengalami down. Hal ini menyebabkan penumpukan antrean penumpang di gerbang Imigrasi, seperti yang diunggah oleh sejumlah warganet melalui media sosial.

Ditjen Imigrasi memberikan penjelasan bahwa gangguan tersebut disebabkan oleh gangguan pada Server Pusat Data Nasional (PDN). Akun resmi @ditjen_imigrasi juga menyampaikan informasi terkait kondisi tersebut kepada publik.

Dengan adanya gangguan pada layanan PDN 2, Kementerian Komunikasi dan Informasi terus berupaya melakukan pemulihan untuk memastikan layanan dapat kembali berjalan normal. Semua pihak diharapkan dapat bersabar dan tetap memantau perkembangan terkait gangguan tersebut.

Temukan Artikel Viral kami di Google News