Elon Musk akan Meluncurkan Starlink Mini dalam Beberapa Bulan ke Depan

GadgetOz.com – Elon Musk akan Meluncurkan Starlink Mini dalam Beberapa Bulan ke Depan

Antena Starlink Mini Akan Hadir dalam Ukuran yang Lebih Kecil dan Portabel

CEO X dan SpaceX, Elon Musk, mengungkap rencananya untuk meluncurkan Starlink Mini dalam beberapa bulan ke depan.

Starlink Mini ini akan hadir dalam ukuran yang lebih kecil dan lebih portabel, mirip dengan ukuran tablet, yakni 11.4 inci x 9.8 inci. Harga dari perangkat ini juga diprediksi akan semakin terjangkau dan dapat muat di dalam ransel pengguna.

Spesifikasi Starlink Mini dan Harga yang Dibanderol Setengah dari Versi Standar

Dikutip dari PCMag pada Selasa (18/6/2024), akhir pekan lalu, SpaceX merilis pembaruan pada aplikasi Starlink yang mencakup halaman untuk produk Starlink Mini yang akan segera diluncurkan.

eorang insinyur dari Ukraina, Oleg Kutkov, bahkan berhasil mendekompilasi pembaruan tersebut dan menemukan gambar resmi dari antena Starlink Mini.

Gambar tersebut memperlihatkan bahwa model Starlink Mini akan menjadi versi yang lebih kecil dan lebih portabel dari antena parabola Starlink standar V4 yang ada saat ini.

Kedua perangkat ini dilengkapi dengan fitur kick stand. Meskipun begitu, Mini Dish diprediksi akan memiliki ukuran sebesar Apple MacBook, menurut dokumen FCC.

Harga dan Performa Starlink Mini Menurut Elon Musk

Elon Musk juga memberikan tanggapannya terhadap gambar tersebut dan mengklaim bahwa ia sudah menggunakan perangkat Starlink Mini melalui luar angkasa. Dalam cuitannya, Musk menyatakan bahwa Starlink versi mini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam ransel pengguna.

Dalam cuitan lainnya, Musk juga mengungkapkan bahwa antena parabola Starlink Mini akan dibanderol sekitar setengah dari harga antena parabola standar. SpaceX mematok harga perangkat keras standar V4 Starlink sebesar US$499 di Amerika Serikat (AS), sehingga harga Starlink Mini diperkirakan akan sekitar US$250.

Koneksi Internet Cepat dan Terjangkau dengan Starlink Mini

Musk memberikan gambaran sekilas tentang performa Starlink Mini dengan mengunggah skor tes kecepatan yang menunjukkan bahwa antena Starlink Mini mampu menawarkan kecepatan unduh 100Mbps dan kecepatan unggah 11,5Mbps, serta latensi yang relatif rendah yaitu 23 milidetik (ms).

Meskipun kecepatan unduhnya sedikit lebih lambat daripada antena Starlink biasa, namun sudah cukup untuk kebutuhan internet sehari-hari, termasuk streaming 4K.

Elon Musk juga menambahkan bahwa Starlink Mini bisa menjadi pilihan berbiaya rendah yang baik untuk koneksi internet cadangan yang handal jika terjadi gangguan pada telepon rumah.

Namun, pertanyaan utama yang masih menggantung adalah bagaimana SpaceX akan menentukan harga biaya internet bulanan untuk Starlink Mini, terutama jika produk ini lebih banyak digunakan sebagai solusi sementara.

Dengan Starlink Mini yang akan segera diluncurkan, diharapkan mampu memberikan koneksi internet yang cepat, terjangkau, dan portabel bagi pengguna di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Elon Musk dan SpaceX terus berinovasi untuk memberikan solusi yang lebih baik dalam menghadirkan akses internet yang lebih luas dan merata.

Temukan Artikel Viral kami di Google News