News  

Apple Gigit Jari! Microsoft Gelontorkan Dana Rp 27,6 Triliun untuk Indonesia

Apple Mau Pembuat Modul Kamera iPhone dari India
Apple Mau Pembuat Modul Kamera iPhone dari India

GadgetOz.com – Jakarta, 2 Mei 2024 – Raksasa teknologi Microsoft mengumumkan komitmen investasinya senilai 1,7 miliar Dolar AS atau setara Rp 27,6 triliun untuk Indonesia selama empat tahun ke depan.

Dana fantastis ini akan difokuskan pada pengembangan infrastruktur komputasi awan (cloud) dan kecerdasan buatan (AI) di Tanah Air.

Investasi ini menandai langkah besar Microsoft dalam mendukung ambisi Indonesia Emas 2045, yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi global.

CEO Microsoft, Satya Nadella, dalam konferensi pers di acara Microsoft Build: AI Day di Jakarta, menyebut investasi ini sebagai yang terbesar dalam 29 tahun sejarah Microsoft di Indonesia.

Lebih dari sekadar infrastruktur, Microsoft juga berkomitmen untuk memberdayakan talenta lokal dengan menyediakan pelatihan AI bagi 840.000 orang.

Dukungan ini diharapkan dapat melahirkan generasi baru inovator AI di Indonesia yang siap membawa bangsa ke era digital yang lebih maju.

“Investasi ini merupakan wujud komitmen Microsoft untuk membantu Indonesia mencapai visinya menjadi negara maju,” ujar Nadella.

“Kami yakin bahwa AI memiliki potensi untuk mengubah cara hidup dan bekerja setiap orang di Indonesia, dan kami ingin membantu mewujudkannya.”

Dampak Ekonomi yang Signifikan

Menurut penelitian Kearney, AI diproyeksikan mampu menyumbang hampir 1 triliun Dolar AS terhadap produk domestik bruto (PDB) Asia Tenggara pada tahun 2030. Indonesia sendiri diprediksi akan meraup 366 miliar Dolar AS dari potensi ini.

Investasi Microsoft ini sejalan dengan ambisi pemerintah Indonesia untuk mendorong adopsi teknologi digital dan meningkatkan daya saing bangsa.

Dengan infrastruktur AI yang mumpuni, Indonesia dapat membuka peluang baru di berbagai sektor, seperti manufaktur, pertanian, dan layanan keuangan.

Memperkuat Posisi Microsoft di Indonesia

Investasi ini juga memperkuat posisi Microsoft sebagai pemain utama dalam industri teknologi di Indonesia. Infrastruktur cloud dan AI yang baru akan memungkinkan perusahaan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan layanan digital di Tanah Air.

Selain itu, Microsoft juga dapat memperluas jangkauannya ke berbagai sektor, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM) dan sektor publik. Dengan demikian, Microsoft dapat berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia secara keseluruhan.

Perbandingan dengan Investasi Apple

Belum lama ini, Apple juga mengumumkan investasinya di Indonesia senilai Rp 1,6 triliun. Investasi ini akan digunakan untuk membangun Apple Developer Academy, sebuah fasilitas pelatihan bagi para developer lokal.

Meskipun nilai investasinya lebih kecil dibandingkan Microsoft, langkah Apple ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pasar Indonesia. Apple Developer Academy diharapkan dapat meningkatkan kualitas developer lokal dan mendorong inovasi di bidang aplikasi mobile.

Temukan Artikel Viral kami di Google News