News  

Telekomsel Minta Perlakuan Setara untuk Starlink: Dorong Persaingan Adil dan Ciptakan Manfaat Ekonomi Nasional

GadgetOz.com – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mendorong pemerintah untuk menerapkan regulasi yang setara bagi Starlink, satelit internet milik Elon Musk, dengan operator telekomunikasi dalam negeri.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan persaingan yang adil dan mendorong inovasi serta pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang lebih baik di Indonesia.

“Telkomsel berharap pemerintah dapat memberikan kesetaraan dalam regulasi bagi Starlink, mulai dari pendirian badan usaha di Indonesia, kebijakan perpajakan, hingga kewajiban pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” tutur Saki H. Bramono, VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, kepada Bisnis, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga : Redmi Note 13 Series: Varian Baru dan Warna Menawan Hadir di Indonesia!

Menurut Saki, kesetaraan regulasi juga perlu diterapkan dalam aspek kualitas layanan (QoS), Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), potensi interferensi, perlindungan dan keamanan data, serta kedaulatan bangsa.

“Persaingan yang sehat dan adil ini diharapkan dapat memicu inovasi dan pengembangan infrastruktur telekomunikasi yang lebih baik, sehingga menghasilkan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa secara keseluruhan,” jelas Saki.

Di tengah rencana uji coba Starlink di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Telkomsel menegaskan komitmennya untuk menyediakan konektivitas yang andal dan berkualitas di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kalimantan.

“Telkomsel telah konsisten membangun infrastruktur jaringan seluler di Kalimantan, termasuk melalui layanan IndiHome,” ujar Saki.

Baca Juga : Threads Siapkan Fitur Hasil Pencarian Secara Real Time

Saat ini, layanan Telkomsel di Kalimantan telah menjangkau sebagian besar wilayah dengan jaringan 4G/LTE, 5G, dan fiber optik yang cepat dan stabil.

Telkomsel juga terus memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas layanannya, termasuk di daerah perbatasan, untuk memastikan akses digital yang merata dan setara bagi seluruh masyarakat.

“Dengan infrastruktur jaringan yang kuat dan layanan yang inovatif, Telkomsel siap mendukung IKN dengan layanan telekomunikasi digital yang berkualitas sesuai kebutuhan para pelanggan,” pungkas Saki.

Temukan Artikel Viral kami di Google News