News  

Apple Vision Pro: Biaya Komponen Hampir Setengah Harga Jualnya!

Apple Vision Pro
Apple Vision Pro

GadgetOZ – Apple Vision Pro, headset paling mahal dari Apple dengan harga fantastis sekitar Rp 54 juta, ternyata memiliki biaya komponen yang tak kalah mahalnya.

Menurut Omdia, biaya komponen total headset Vision Pro mencapai USD 1.542 atau sekitar Rp 24 juta.

Yang membuat Vision Pro begitu mahal adalah sepasang display micro-OLED berukuran 1,25 inci yang dipasang di dalam headset, dengan biaya USD 228 per display dari Sony.

Selain itu, Apple juga memasang display eksternal dengan biaya USD 70 untuk fitur EyeSight. Total biaya komponen Vision Pro didominasi oleh display, mencapai sekitar 35%.

Chip juga menjadi komponen mahal kedua dalam Vision Pro, dengan chip M2 dan R1 senilai USD 240, atau sekitar 15% dari total biaya komponen.

Chip R1 dirancang khusus untuk perangkat mixed reality seperti Vision Pro, memproses input dari berbagai sensor dengan kecepatan 12 milidetik.

Meskipun biaya komponennya hampir setengah dari harga jual, tidak berarti Apple mendapat untung sebesar USD 1.957 dari setiap penjualan Vision Pro.

Bill of materials hanya mencakup biaya komponen hardware, tanpa termasuk biaya produksi, distribusi, dan lainnya. Jadi, masih misteri berapa keuntungan yang didapat Apple dari setiap penjualan Vision Pro.

Temukan Artikel Viral kami di Google News