News  

Kecanduan TikTok pada Remaja Berdampak pada Kesehatan Mental

GadgetOZ.com – Riset: Remaja yang Kecanduan TikTok Cenderung Derita Kesehatan Mental. **Studi Terbaru Menyoroti Dampak Penggunaan TikTok pada Remaja: Apa yang Perlu Anda Ketahui**

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Psychiatry Research telah memberikan wawasan menarik tentang pengaruh TikTok dan aplikasi video pendek serupa terhadap kehidupan remaja.

**Penggunaan TikTok dan Pengaruhnya terhadap Kesehatan Mental Remaja**

Penelitian ini membedakan antara bukan pengguna, pengguna moderat, dan pengguna yang kecanduan platform ini.

Hasilnya menunjukkan bahwa pengguna yang kecanduan TikTok cenderung mengalami masalah kesehatan mental, kinerja akademik yang buruk, dan hubungan keluarga yang tidak baik jika dibandingkan dengan pengguna yang tidak kecanduan.

**Faktor Psikososial dan Penggunaan TikTok**

Penelitian ini ditulis oleh Miao Chao, Jing Lei, Ru He, Yunpeng Jiang, dan Haibo Yang di Tianjin Normal University dan Pusat Inovasi Kolaboratif untuk Penilaian dan Promosi Kesehatan Mental di Cina.

Mereka menganalisis pola penggunaan TikTok dan faktor psikososial di kalangan remaja, dengan fokus pada keterlibatan moderat dan adiktif.

**Implikasi Penggunaan Aplikasi Video Pendek pada Remaja**

Era digital telah membuat aplikasi video pendek seperti TikTok semakin populer di kalangan remaja.

Namun, dampak dari platform ini terhadap kesehatan mental, kehidupan akademis, dan hubungan keluarga masih perlu dipahami lebih dalam.

**Kesimpulan**

Penelitian ini bertujuan untuk memahami implikasi penggunaan aplikasi video pendek pada remaja, yang rentan terhadap dampak buruk media sosial.

Dengan popularitas TikTok dan platform serupa yang terus meningkat, penting untuk memahami apakah keterlibatan digital ini hanya sebagai hiburan semata atau memiliki konsekuensi yang lebih dalam.

**Metodologi Penelitian**

Penelitian ini melibatkan 1.346 remaja di tiga sekolah di Cina, yang dikategorikan menjadi bukan pengguna, pengguna moderat, dan pengguna kecanduan berdasarkan tingkat keterlibatan mereka dengan aplikasi video pendek.

Para peserta dievaluasi dari berbagai aspek, termasuk kesehatan mental, stres akademis, hubungan dengan orang tua, dan pengalaman perundungan.

**Kesimpulan Akhir**

Analisis korelasional dalam penelitian ini memungkinkan para peneliti untuk mengeksplorasi hubungan antara pola penggunaan aplikasi video pendek oleh remaja dan berbagai faktor psikososial yang memengaruhi mereka.

Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang dampak penggunaan TikTok dan aplikasi video pendek serupa pada kehidupan remaja.

Temukan Artikel Viral kami di Google News