Game  

Developer Lokal Tetap Kuat Meski Badai PHK Menghantam Industri Gim Global

GadgetOZ – Industri gim di Indonesia masih memiliki potensi besar untuk tumbuh meskipun sedang dilanda gelombang PHK global. Menurut Even Alex Chandra dari Amvesindo, pasar gim niche dan indie di Indonesia masih bisa dikembangkan karena berbeda dengan pasar yang diincar oleh pemain besar dunia seperti Sony, Microsoft, dan Tencent.

Menurut Alex, gim niche dan indie seperti graphic novel, poin and click game, dan horor sebenarnya memiliki banyak peminat di seluruh dunia. Namun, Indonesia masih harus bekerja keras untuk membuat satu gim yang benar-benar meledak dan identik dengan negara ini, seperti The Witcher yang berasal dari Polandia.

Meskipun gelombang PHK telah merambah industri gim global, Indonesia masih dianggap aman karena pasar gim di sini berbeda dengan perusahaan besar. Namun, developer yang ingin mendapatkan pendanaan harus bisa membuktikan bahwa mereka mampu menghasilkan profit dan memiliki pengalaman dalam membuat gim.

Pemerintah juga telah menerbitkan Perpres No.19/2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional, yang memungkinkan penggunaan dana APBN dan APBD serta skema pendanaan sekitar US$40 juta setiap tahunnya untuk pengembangan gim di Indonesia. Ini adalah langkah positif untuk mendukung pertumbuhan industri gim di tanah air.

Temukan Artikel Viral kami di Google News