Game  

Industri Game Lesu: 8 Perusahaan Pecat Karyawan pada Awal 2024

GadgetOZ – Investasi ke sektor gim global pada tahun 2023 mengalami penurunan drastis, kecuali jika kita mempertimbangkan akuisisi Microsoft ke Activision Blizzard.

Data dari Invest Game menunjukkan bahwa jumlah kesepakatan investasi menurun dari 957 pada tahun 2021, 805 pada tahun 2022, menjadi hanya 567 pada tahun 2023.

Hal ini mengakibatkan pendanaan yang terbatas dan industri gim global harus menjalani masa sulit pada awal tahun 2024.

Namun, tidak semua perusahaan gim global bisa bertahan tanpa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Berikut adalah 8 perusahaan gim ternama yang melakukan PHK hingga Februari 2024:

1. Unity

Unity, produsen gim terkenal seperti Fall Guys dan Pokemon Go, harus melakukan PHK terhadap 25% karyawan atau sekitar 1.800 orang pada awal tahun 2024.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan dan fokus pada pertumbuhan jangka panjang.

2. Twitch

Situs streaming populer milik Amazon, Twitch, melakukan PHK terhadap 35% stafnya, mencakup sekitar 500 orang. Langkah ini diambil untuk mengatasi kerugian perusahaan dan meningkatkan efisiensi.

3. Discord

Layanan komunikasi untuk para gamer, Discord, juga melakukan PHK terhadap 17% karyawannya pada bulan Januari.

CEO Discord menjelaskan bahwa langkah ini diperlukan untuk mengatasi overhiring yang terjadi sebelumnya.

4. Riot Games

Pengembang game online terkenal seperti Valorant dan League of Legends, Riot Games, berencana untuk melakukan PHK terhadap 530 karyawan.

CEO Riot Games mengakui bahwa perusahaan tidak memiliki fokus yang cukup jelas dan terlalu banyak proyek yang sedang dikerjakan.

5. Microsoft

Microsoft, yang baru saja mengakuisisi Activision Blizzard, Xbox, dan ZeniMax, harus melakukan PHK terhadap 1.900 karyawan.

Langkah ini diambil untuk menyelaraskan strategi bisnis setelah akuisisi.

6. Scopely

Developer game Stumble Guys, Scopely, juga tidak luput dari efisiensi dengan melakukan PHK terhadap 38 karyawan. Hal ini terjadi setelah berakhirnya kemitraan penerbitan dengan Global Worldwide.

7. Activision Blizzard

Setelah diakuisisi oleh Microsoft, Activision Blizzard juga harus melakukan PHK terhadap sekitar 1.900 karyawan. Langkah ini membuat gempar di industri game.

8. Sony

Sony, induk dari PlayStation, juga harus melakukan PHK terhadap 900 karyawan PlayStation global. CEO PlayStation menjelaskan bahwa langkah ini diperlukan untuk mengembangkan bisnis perusahaan di tengah kondisi ekonomi yang dinamis.

Masa sulit bagi industri gim global memaksa perusahaan-perusahaan ternama untuk mengambil langkah sulit demi kelangsungan bisnis mereka.

Semoga dengan langkah-langkah ini, industri gim global bisa pulih dan kembali berkembang di masa depan.

Temukan Artikel Viral kami di Google News