Industri Gim RI: Terbelakang 40 Tahun dari Dunia

GadgetOZ.com – **Peran Pemerintah dalam Pengembangan Industri Gim Indonesia**

Industri gim di Indonesia memasuki era baru dengan dukungan regulasi terkait pembuatan tim percepatan industri gim nasional. Hal ini merupakan langkah penting mengingat bahwa investasi dalam industri gim di Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan negara-negara lain.

### Dorongan dari Pemerintah

Pentingnya peran pemerintah dalam mengakselerasi industri gim di Indonesia menjadi sorotan. Founder studio games Dreadout, Digital Happiness Rachmad Imron menegaskan bahwa peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam memajukan industri gim di Indonesia. Menurutnya, Indonesia saat ini sudah jauh tertinggal dari negara-negara maju yang sudah memulai industri gim sejak beberapa dekade yang lalu.

### Regulasi yang Mendukung

Dukungan dari pemerintah tidak hanya sebatas retorika belaka. Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) No.19/2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Regulasi ini mencakup pembentukan tim percepatan pengembangan industri gim nasional yang bertugas untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan mengarahkan langkah-langkah ke depan.

### Harapan Industri Gim

Imron berharap agar pemerintah terus melibatkan pelaku industri gim lokal dan stakeholder dalam proses implementasi Perpres dengan transparan dan berkeadilan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing industri gim lokal secara global dan menjadi produsen utama di negara sendiri.

### Dampak Positif bagi Industri

Co-founder dan CEO Agate, Shieny Aprilia, juga menyambut baik peraturan ini. Dia meyakini bahwa regulasi ini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi Agate, tetapi juga bagi industri game nasional secara keseluruhan. Pemerintah diharapkan dapat membantu mengembangkan industri game secara menyeluruh dengan program-program yang mendukung.

### Potensi Pasar Gim Indonesia

Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk industri gim. Berdasarkan data Newzoo tahun 2021, penerimaan industri gim dari Indonesia mencapai US$1,74 miliar pada tahun 2020. Dengan perkiraan pertumbuhan hingga 2025, pasar gim di Indonesia diperkirakan bisa mencapai US$2,5 miliar.

### Kesimpulan

Dengan adanya dukungan regulasi dan peran pemerintah yang kuat, industri gim Indonesia memiliki peluang besar untuk berkembang dan bersaing di pasar global. Melalui kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan stakeholder, industri gim Indonesia diharapkan dapat mencapai posisi yang lebih baik dan meningkatkan pangsa pasar baik di dalam negeri maupun secara global.

Temukan Artikel Viral kami di Google News