Gadget  

Apple Vision Pro: Headset AR Pertama dari Apple Kini Tersedia Untuk Umum

Apple Vision Pro Headset AR Pertama dari Apple
Apple Vision Pro Headset AR Pertama dari Apple

GadgetOZ.com – Hari Jumat (2/2/2024) lalu, Amerika Serikat menjadi saksi peluncuran resmi headset Augmented Reality (AR) terbaru dari Apple, Vision Pro, yang kini dapat dimiliki oleh konsumen umum.

Dari mulai pembelian lewat sistem pre-order hingga penjualan langsung di Apple Store, mari kita simak lebih dekat tentang headset AR penuh inovasi ini.

Penjualan Langsung di Apple Store dan Online

Headset AR revolusioner ini, Vision Pro, kini dapat langsung dibeli di toko fisik Apple Store atau melalui laman resmi Apple di Amerika Serikat.

Bagi yang sudah melakukan pre-order sebelumnya, mereka dapat mengambil headset mereka di Apple Store atau menunggu pengiriman secara bertahap.

Rayakan Bersama CEO Apple

Tim Cook, CEO Apple, tidak ketinggalan untuk merayakan momen penting ini. Beliau bahkan mengunjungi salah satu toko Apple Store di Fifth Avenue, New York, AS, untuk merayakan “hari jadi” dari peluncuran Vision Pro.

Vision Pro: Harga dan Kontroversi

Meski menjadi pusat perhatian, harga Vision Pro sebesar 3.500 dolar AS atau sekitar Rp 55 juta, memicu kontroversi.

Banyak yang berpendapat bahwa headset AR ini hanya untuk mereka yang berdompet tebal. Namun, Tim Cook bersikeras bahwa harga tersebut sepadan dengan teknologi canggih yang diusung, mencakup lebih dari 5.000 paten.

Cook menyarankan konsumen untuk membeli Vision Pro secara dicicil agar lebih terjangkau, sembari membagikan informasi bahwa perusahaan besar seperti Walmart, Nike, Vanguard, Stryker, Bloomberg, dan SAP sudah mulai menggunakan headset ini.

Penggunaan Luas di Berbagai Industri

Apple Vision Pro tidak hanya sekadar barang mewah. Beberapa perusahaan besar seperti Walmart, Nike, Vanguard, Stryker, Bloomberg, dan SAP sedang berinvestasi dan memaksimalkan fungsi headset AR ini untuk kebutuhan karyawan dan pelanggan mereka.

Tersedia Hanya di Amerika Serikat, Meraup Keberhasilan Global

Saat ini, Vision Pro baru tersedia di Amerika Serikat, namun diharapkan akan meluas ke wilayah lain menjelang akhir 2024.

Meskipun demikian, belum ada kepastian negara mana saja yang akan menjadi pasar selanjutnya untuk Apple Vision Pro.

Spesifikasi Mengesankan Apple Vision Pro

Salah satu fitur unggulan dari Apple Vision Pro adalah desainnya yang dirancang untuk terus dikenakan, bahkan saat berbicara dengan orang lain.

Fitur “EyeSight” hadir untuk mengurangi kecanggungan, memungkinkan lawan bicara melihat animasi digital mata pengguna di balik headset.

VisionOS: Sistem Operasi Inovatif

Apple Vision Pro menjalankan sistem operasi baru bernama VisionOS, dengan framework serupa iOS dan iPad OS. Hal ini membuat aplikasi Vision Pro kompatibel dengan perangkat lain dari Apple.

VisionOS memungkinkan pengguna menjelajah konten dan berpindah antar aplikasi iOS tanpa menggunakan alat pengendali tambahan.

Pengguna dapat membuka aplikasi seperti FaceTime, Safari, Camera, Keynote, Zoom, dan lainnya hanya dengan pandangan, gestur tangan, kepala, atau perintah suara.

Performa Tinggi dengan Teknologi Terkini

Dibekali dengan 5 sensor optik dan 12 kamera yang tersebar di berbagai sisi perangkat, Apple Vision Pro menjamin pengalaman “komputasi spasial” yang tak tertandingi.

Daya prosesnya didukung oleh kombinasi chip M2 dan R1, dengan layar 4K yang memanjakan mata pengguna.

Baterai Vision Pro, yang memiliki daya tahan hingga 2 jam, terletak pada bagian terpisah dan dihubungkan ke headset menggunakan kabel. Terdapat tombol khusus yang memungkinkan pengguna mengubah mode headset dari fungsi AR menjadi VR.

Temukan Artikel Viral kami di Google News