Awas! 12 Aplikasi Android Berbahaya yang Bisa Merekam Percakapan WhatsApp

12 Aplikasi Android Berbahaya yang Bisa Merekam Percakapan WhatsApp
12 Aplikasi Android Berbahaya yang Bisa Merekam Percakapan WhatsApp

GadgetOZ.com – 12 Aplikasi Android Berbahaya yang Bisa Merekam Percakapan WhatsApp, aplikasi bahaya yang harus dihindari agar menjaga keamanan data anda.

Perusahaan keamanan siber Eset baru saja menemukan sesuatu yang cukup mengerikan. Ternyata, ada 12 aplikasi Android yang bisa melakukan penyadapan, termasuk mengintip percakapan di WhatsApp.

Gak nyangka kan? Jadi, harus hati-hati nih kalau mau download aplikasi.

Apa Aja Bahayanya?

Nah, apa aja sih bahayanya aplikasi-aplikasi itu? Katanya, aplikasi-aplikasi ini punya Trojan jarak jauh yang disebut Vajra Spy.

Bisa bayangin gak, dia bisa mencuri rincian log panggilan dan pesan. Terus, yang lebih serem lagi, bisa ngendalikan kamera dari jauh.

Baca Juga : Star Tok: Aplikasi Baru Mirip TikTok yang Sedang Viral

Jadi, bisa aja tuh, kamera kamu diintip sama orang yang gak kamu kenal. Serem, kan?

Selain itu, ada lagi nih. Trojan ini bisa juga mengekstrak detail obrolan dari WhatsApp. Jadi, apa aja yang kamu obrolin di WhatsApp bisa aja diketahui sama orang lain. Gak banget, ya?

Gak cuma itu, lho. Trojan ini juga punya kemampuan lain yang cukup mengerikan. Misalnya, bisa mencegat notifikasi, merekam penekanan tombol di ponsel, bahkan sampai mengambil alih mikrofon buat merekam suara. Ngeri, kan?

Kok Bisa?

Kamu pasti penasaran, kan, gimana bisa aplikasi-aplikasi itu se-“mengerikan” itu? Ternyata, kebanyakan dari aplikasi-aplikasi itu dibuat seperti platform chatting. Jadi, pelakunya pasti pake trik social engineering buat nyari korban.

Ini Bukan Pertama Kalinya

Ternyata, ini bukan kali pertama Vajra Spy bikin masalah. Sebelumnya, ada laporan dari Broadcom pada 2022 yang bilang ada varian RAT yang pakai Google Cloud Storage buat kumpulin data dari pengguna Android.

Dan Yang Paling Serem…

Malware ini dikaitkan dengan kelompok APT-Q-43. Mereka disebut-sebut nargetin anggota militer Pakistan. Jadi, ini bisa jadi masalah yang serius, lho.

Apa Saja Aplikasinya?

12 Aplikasi Android Berbahaya yang Bisa Merekam Percakapan WhatsApp

Nah, kamu pasti penasaran, kan, apa aja nama-nama aplikasinya? Ini dia daftarnya, yang kami dapat dari Digital Trends:

  1. YohooTalk
  2. TikTalk
  3. Privee Talk
  4. Meetme
  5. Nidus
  6. GlowChat
  7. Let’s Chat
  8. Quick Chat
  9. Rafaqat
  10. Chit Chat
  11. Hello Chat
  12. Wave Chat

Jadi, kalau kamu punya salah satu dari aplikasi-aplikasi di atas, lebih baik uninstall sekarang juga. Jangan sampai data-data penting kamu kebocor, kan? Lebih baik aman daripada nyesel!

Temukan Artikel Viral kami di Google News